Internasional

Virus Covid 19 Telah Merenggut Pendengaran Seorang Pria Inggris

Published

on

Virus Covid 19 Telah Merenggut Pendengaran Seorang Pria Inggris

Pandemi corona Covid-19 masih terus menjalar kemana mana. Hingga Seorang pria yang berusia 45 tahun mengalami kerusakan pendengarannya. Kejadian tersebut dialaminya setelah terinfeksi covid 19.

Kasus tersebut adalah yang pertama di Inggris. Para ahli mengatakan kehilangan pendengaran secara mendadak dan permanen terkait dengan Covid-19 yang menginfeksi beberapa orang.

Merujuk berita dari The Sun, Rabu (14/10/2020), kasus tersebut mencuat setelah para ahli dari University of Manchester mengungkapkan, pasien covid 19 yang telah pulih melaporkan penurunan pendengaran mereka serta kondisi seperti tinnitus.

Studi yang di suport oleh NIHR Manchester Biomedical Research Center (BRC) ini menneliti 121 orang dewasa yang dirawat di Rumah Sakit Wythenshawe

Sebanyak 121 orang itu ditanya satu persatu melalui telepon 2 bulan setelah keluar dari rumah sakit. Saat ditanya apakah mereka pernah mengalami perubahan pendengaran, 13,2 persen mengatakan pendengaran mereka lebih buruk.

Sekarang sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) telah mengungkapkan bagaimana seorang pria yang bugar dan sehat kehilangan pendengarannya setelah tertular virus corona. Satu-satunya kondisi kesehatan yang mendasari pria itu adalah asma.

Ia selanjutnya dirujuk ke bagian telinga dan hidung di rumah sakit, setelah ia tiba-tiba mengalami kehilangan pendengaran pada salah satu telinganya. Hal itu terjadi setelah menjalani perawatan sebagai pasien rawat inap Covid-19.

Pria itu menderita gejala virus corona selama 10 hari dan dipindahkan ke perawatan intensif karena kesulitan bernapas. Saat dipindahkan ke perawatan intensif, tubuhnya dimasukkan ventilator selama 30 hari. Akibatnya, ia mengalami komplikasi lain dan kemudian diobati dengan remdesivir, steroid intravena, dan transfusi darah. Setelah itu, ia mulai membaik.

Sumber:liputan6..