Kesehatan

China Diserang Virus Baru, Penularannya Seperti Covid 19

Published

on

China Diserang Virus Baru, Penularannya Seperti Covid 19

Selapost.com - Provinsi Shanxi, China sedang gempar dengan wabah virus Norovirus yang berdasarkan gejalanya, orang awam mengenal sebagai diare. Akan tetapi, penularannya persis seperti Covid-19 yang menular antarmanusia.

Sampai kini virus itu dikenal sebagai penyebab paling umum dari penyakit gastroenteritis akut, yang menyebabkan pengidapnya mengalami diare dan muntah. Hal itu juga terjadi pada mahasiswa Universitas Shanxi yang membuat rumah sakit di sana penuh dengan mahasiswa terinfeksi virus tersebut.

Seperti dilansir Halodoc, Rabu (14/10/2020), virus itu awalnya menular melalui makanan yang terkontaminasi oleh virus.

Seseorang akan mengalami infeksi virus ini saat mereka makan atau minum dari makanan maupun minuman yang sudah mengalami kontaminasi seperti makanan mentah atau belum matang sempurna.

Dapat juga melalui buah dan sayuran yang disemprot pestisida serta tidak dibersihkan sebelum dikonsumsi. Infeksi juga bisa terjadi jika kamu menyentuh benda yang telah terkontaminasi kemudian menyentuh hidung, mulut atau mata.

Setelah seseorang terinfeksi, virus bisa berpindah dengan cepat ke orang lain melalui makanan, melalui jabat tangan, atau melalui kontak lainnya.

Ketika pengidap muntah, virus bisa langsung menyebar lewat udara dan mengotori permukaan, melalui feses, atau popok bekas pakai.

Anak kecil, orang tua, dan mereka yang memiliki imunitas tubuh yang lemah, rentan terinfeksi virus ini. Sayangnya, penyebarannya sulit dikendalikan karena penularan bisa terjadi bahkan sebelum gejala muncul.

Infeksi norovirus mengakibat tubuh benar-benar kehilangan tenaga dalam satu atau dua hari. Gejala khasnya termasuk mual, muntah yang lebih sering terjadi pada anak, diare air untuk orang dewasa, dan kram perut. Namun, virus ini tidak berhubungan sama sekali dengan flu.

Sumber:era.id