Kesehatan

Menangis: Ini Manfaatnya!

Published

on

Menangis:  Ini Manfaatnya!

Selapost.com – Sering di anggap cengeng? Simak ulasan berikut ini. Menangis memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

1. Berkurangnya stress

Jurnal National Institute of Health menerbitkan sebuah artikel dengan penelitian yang menyatakan menangis mampu mengaktifkan sistem sarafa parasimpatis yang berfungsi menenangkan pikiran, lebih rileks, dan mengurangi tingkat stress.

2. Tekanan Darah menurun

Hindari memendam perasaan sedih atau kesal berkepanjangan yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Menangislah! selain menormalkan kembali perasaan yang terbeban, juga mampu menguatkan nadi. 

3. Mengeluarkan kotoran mata

Dengan menangis, air mata akan membersihkan debu, kuman, dan asap yang masuk ke mata. Dalam penelitian yang terdapat di situs Medline Plus, hormone kortisol yang mengakibatkan stress akan berkurang menjadikan suasana hati lebih tenang. 

4. Mengubah suasana hati

Banyak faktor yang tiba-tiba akan mempengaruhi suasana hati. Terkadang Anda akan merasa cemas dan resah secara tiba-tiba pula. Hal ini sebenarnya disebabkan meningkatnya zat manganese. Dengan menangis, maka kamu dapat menguranginya.

5. Mengurangi rasa sakit

Hampir pada umumnya setiap yang terjatuh, terluka sering sekali akan menangis. Meskipun tidak bersuara, namun rasa pedih tetap akan mengeluarkan air mata. Hal ini terjadi, karena hormon oksitosin dan endorphin dalam tubuh sedang bekerja mengurangi rasa sakit dan emosional.

Hai, sahabat selapost, masih enggan dibilang cengeng? Jika manfaatnya positif, menangislah!