Kesehatan

Masih Tidur Siang? Ini 5 Akibatnya

Published

on

Masih Tidur Siang? Ini 5 Akibatnya

Selapost.com – Selama seseorang terus beraktivitas baik di kantoran maupun mengurus rumah tangga, sebaiknya sempatkan diri untuk istirahat sejenak, tepatnya tidur siang. Istilah ishoma (istirahat, sholat dan makan) atau coffee break selalu terdapat dalam setiap kegiatan apapun. Manfaatkan waktu tersebut untuk memanjakan tubuh yang lelah. Sekalipun tidak terpejam pulas, usahakan Anda dapat merehatkan pikiran dari aktivitas apapun. Ini akibatnya yang bermanfaat jika Anda sempat tidur siang. Selapost telah merangkumnya dari beberapa sumber. 

1. Konsentrasi meningkat

Saraf yang lelah akan kembali berimpuls (terangsang) lebih fokus dan konsentrasi dalam mengolah informasi. Ini sangat membantu beraktivitas di siang hari menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Suasana hati meningkat

Hormon serotonin akan meningkat dan menyebabkan menurunnya tingkat kecemasan, stree dan depresi. 

3. Mencegah stroke atau sakit jantung

Tubuh yang beraktivitas membutuhkan energi yang besar, dengan tidur seiang 10-20 menit maka tekanan jantung akan lebih rendah dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Berkurangnya mengonsumsi makanan manis

Tidur siang dapat dijadikan sebagai alternative penyumbang energi yang baik ketimbang mengonsumsi makanan manis. 

5. Meningkatkan kualitas tidur malam

Sekalipun dianggap akan mengurangi rasa kantuk saat malam hari, faktanya tidur siang 20-30 menit mampu memberikan manfaat tidur malam lebih berkualitas. 

Nah, sahabat selapost, siapa yang hingga saat ini masih menerapkan terapi istirahat dengan tidur siang? Semoga bermanfaat . Jangan lupa bagikan tulisan ini, untuk mendukung tulisan-tulisan sebelum dan sesudahnya ya. Terimakasih