Kesehatan

Jus Telur Rebus Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

Published

on

Jus Telur Rebus Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

Selapost.com - Sel darah putih (Leukosit) dikenal sebagai pengawal tubuh yang paling kuat. Ia mampu melawan virus, bakteri dan infeksi jamur. Seseorang yang memiliki leukosit dengan jumlah yang tinggi, akan mempunyai imun tubuh yang kuat dan daya tahan tubuh yang baik.

Leukosit sering sekali drop pasca radiasi atau kemoterapi. Pasien kemo harus dibantu dengan suntikan khusus leukosit dalam waktu tertentu beberapa kali. Leukosit normal berkisar antara 5,0 – 10,0 . Pada pasien kemo, leukosit akan melemah karena paparan zat kimia atau sinar radiasi. Pasien kemo beresiko mengidap leukopenia. Perlu asupan makanan lainnya yang dapat meningkatkan leukosit kembali normal, salah satunya putih telur. 

Setiap pasienn terkadang memiliki respon tubuh yang berbeda-beda. Beberapa pasien akan mengalami efek samping yang lebih parah ketika mendapat suntikan leukosit. Cairan leukosit yang disuntik berlawan jarum jam pada bagian perut akan membuat pasien mual berat. Kondisi ini akan memburuk keadaan pasien. Untuk itu, perlu alternatif lainnya yang diberikan dengan asupan makanan dengan telur rebus. 

Namun, tidak jarang pula jika bau anyir pada telur rebus dapat meningkatkan indra penciuman pasien lebih sensitif. Hal ini menjadikan pasien enggan mengonsumsi telur tersebut. Cara mengatasinya adalah jadikan sebagai minuma jus telur. 

Caranya siapkan 2 -3 butir telur rebus, buang kuningnya. Campurkan dengan buah-buahan seperti apel, perasan jeruk manis, tomat, dan wortel. Lalu, blender dengan air hangat. Saring dan siap diminum. Rasanya begitu segar dan pastinya aroma anyir itu tidak akan tercium. 

Selamat mencoba, ini juga akan menambah vitamin lainnya sekaligus tujuan utama adalah mengatasi kekurangan leukosit. Semoga bermanfaat!