Kesehatan

Ini Resiko Mengecek Smartphone Bangun Tidur

Published

on

Ini Resiko Mengecek Smartphone Bangun Tidur

Selapost.com – Melansir dari beberapa sumber, sebuah penelitian IDC Research mengungkapkan rentang waktu yang baik untuk mengecek ponsel adalah kurang lebih 1 jam setelah bangun tidur. Namun, temuan di lapangan hampir  80 persen pengguna ponsel langsung melakukan aktivitas pada smartphonenya 15 menit setelah bangun tidur. Ini resikonya!

1. Resiko tinggi munculnya rasa khawatir dan stress 

Seorang psikiater San Francisco, California mengatakan aktivitas mengecek ponsel setelah terbangun akan membuat Anda memulai hari dengan lebih sedikit meningkatnya rasa stress dan merasa kewalahan, bahkan depresi. Tidak dipungkiri ini akan terjadi baik untuk pria dan wanita. 

2. Banyaknya waktu dan perhatian yang tersisihkan

Banyak hal yang akan ditemukan ketika mengakses media sosial. Ini sangat jelas akan membuat seseorang kepikiran terhadap sesuatu sejak terbangun. Biasakan untuk fokus terhdapa diri sendiri dulu seusai bangun tidur. Mulailah hari dengan berolahraga dan sarapan. 

3. Konsentrasi dan daya pikir otak terganggu

Kondisi otak yang akan merekam dengan cepat dari setiap informasi yang dibaca akan mengalihkan produktivitas kinerja. Pasalnya otak akan mulai bekerja disaat baru terbangun, seseorang belum benar-benar siap dalam memprioritaskan diri untuk bekerja. 

Nah, sahabat selapost, mari membiasakan yang benar ya, bukan membenarkan yang biasa. Bye