Kesehatan

Belajar Sehat Dari Pasien Kanker, ini Cara Mudah Resep Jus Buah Bit

Published

on

Belajar Sehat Dari Pasien Kanker, ini Cara Mudah Resep Jus Buah Bit
Selapost.com – Jarang dicoba ternyata khasiat buah bit dapat membantu menjaga imunitas penderita kanker. Penyakit yang dianggap sulit dikendalikan tanpa terapi keras kemoterapi dan radiasi ini dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya. Tidak jarang pula terjadi komplikasi yang menyebabkan muncul keluhan bahkan penyakit baru.
Selain terganggunya kesehatan fisik, kanker juga sangat mempengaruhi kesehatan mental pasien. Efek samping terapi menyebabkan respon tubuh yang banyak nyeri dimana-mana. Rasa ngilu pada tulang, mulut sepat, bawaan mual, rambut rontak bahkan botak, sariawan, panas dalam, kuku menghitam, sendi-sendi dan otot melemas, kepala pusing bahkan vertigo, dan efek samping lainnya yang sangat berdampak pada kesehatan mental pasien. 
Dimaklumi sekali ya, mengapa kondisi tersebut terjadi? Karena terapi kemo dan radiasi itu tidak hanya membunuh sel kanker yang jahat saja. Namun, juga menyerang sel-sel darah lainnya, sehingga resiko kekurangan sel darah sangat rentan bagi penderita kanker. Penting sekali kesabaran untuk menangani ini. Mengatasi efek samping tersebut, temukan alternatif yang resiko efek sampingnya rendah, yaitu mengonsumsi obat-obatan herbal atau tanaman herbal, seperti buah bit.
Jarang diketahui, ternyata buah bit ini mempunyai banyak khasiat dalam membantu mengurangi efek samping pasca terapi kanker. Buah bit mempunyai kandungan magnesium, potassium, fosfor, dan B9 yang berfungsi untuk menambah asupan darah dan menstabilkan tekanan darah. Buah bit juga sangat berperan penting untuk membentuk sel darah merah. Untuk khasiat yang maksimal, konsumsi buah bit sebagai jus yang di campur dengan beberapa buah lainnya untuk menghilangkan aroma tanah.
Cara pembuatannya, untuk 1 gelas buah bit, potong seukuran jempol, campurkan dengan apel, perasan jeruk manis, manga manis, delima, tomat dan wortel. Blender bersamaan, dan saring. Jus siap disajikan.
Gunakan air hangat agar lebih terasa segar. Baiknya jangan menggunakan pemanis buatan (gula), biarkan jus buah bit ini terasa dengan alami dan khasiatnya lebih menyehatkan. Konsumsilah sehari 3 kali untuk terapi pasien kanker yang memang memiliki penurunan trombosit dan Hb. Selamat mencoba!