Lifestyle

Di Kampung Gunung Singit, Mahasiswa KKN Kelompok 404 Universitas Malikussaleh Lakukan Sensus Penduduk

Published

on

Di Kampung Gunung Singit, Mahasiswa KKN Kelompok 404 Universitas Malikussaleh Lakukan Sensus Penduduk

TAKENGON - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Malikussaleh (KKN UNIMAL) Kelompok 404 melakukan sensus penduduk dikampung Gunung Singit Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah pada Jum'at (13/11/2020).


Mahasiswa KKN kelompok 404 terdiri dua orang yaitu Dimas Prayogi (Ilmu Administrasi Publik) dan Ryan Cahya (Teknik Elektro) melakukan sensus penduduk dan pendataan ulang Kartu Keluarga (KK) bersama Aparatur Kampung Gunung Singit di kantor Reje setempat.


"Sensus penduduk memiliki 2 tujuan, Pertama menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik.Kedua, menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk ( mortalitas, dan migrasi), serta karakteristik penduduk lainnya, untuk kepeerluan proyeksi penduduk dan berbagai indikator Target Pembangunan Berkelanjutannya"tutur Dimas Prayogi.


Lebih lanjut Dimas mengharap semoga dengan sensus ini masyarakat di kampung Gunung Singit terdata dan tertata dokumen kependudukan atau pencatatan sipilnya.


"Mereka sulit mendapat akses ke pelayanan publik dari pemerintah terlebih pemerintah kini punya berbagai program bantuan untuk warganya mulai dari jaminan kesehatan, pendidikan hingga pekerjaan, karena masih banyak masyarakat yang tidak terdata atau tidak tercatat dan tidak ada kelengkapan dokumen kependudukan sehingga menjadi kendala, semoga kedepan lancar", harapnya.[007]