Pendidikan

Tgk Saifuddin Isi Ceramah di SMP Negeri 2 Makmur, Ini Pesannya

Published

on

Tgk Saifuddin Isi Ceramah di SMP Negeri 2 Makmur, Ini Pesannya

BIREUEN - Dosen Fakultas Tarbiah IAI Al Muslim,Tgk Saifuddin,S.Pd.I, MA mengisi tausiah akhir semester ganjil di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Makmur, pada Jumat 21/12/18. 

Dosen yang sedang menempuh pendidikan doktor di Fakultas Tarbiah UIN Ar-raniry Banda Aceh tersebut menyampaikan dalam tausiahnya bahwa, "seiring dengan berkembangnya zaman, Indonesia ini, Aceh khususnya kebanyakan orang-orang pintar, namun kekurangan orang jujur, kenapa demikian ?, karena mereka gagal menanamkan akhlakulkarimah di dalam hatinya".

"Pendidikan di Sekolah harus dikembalikan pada kepentingan pembentukan karakter, akhlak mulia dan budi pekerti, karena pendidikan yang berkarakter akan melahirkan pemimpin yang jujur", ujarnya.

Menurut Tgk, Saifuddin yang juga  Pimpinan Dayah Modern Al-Furqan ini bahwasanya pendidikan bukan hanya transfer knowledge saja, akan tetapi pendidikan harus mampu merubah kepribadian Siswa menjadi manusia yang berbudi pekerti dan akhlak yang baik, seorang guru jangan hanya menyentuh otak murid saja tapi guru harus mampu menyentuh hati seorang murid untuk di isi dengan nilai-nilai Keagamaan.

Karena itu, maka disini Dewan Guru harus aktif untuk selalu memberikan pengajaran-pengajaran tentang pentingnya beakhlakul karimah, dan peran orang tua sangat penting untuk mendidik anaknya yang berkarakter, sopan dan santun, sebab tanpa adanya peran orang tua, maka sangat sulit untuk mengubah perangainya, tuturnya dalam tausiah yang bertemakan pendidikan yang berkarakter tersebut. [Muhammad Isa].