Pendidikan

TBM Aneuk Meuh Jaya Menunggu Uluran Tangan Pemda Aceh Jaya

Published

on

TBM Aneuk Meuh Jaya Menunggu Uluran Tangan Pemda Aceh Jaya
Beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi kampung nan asri adik angkatan saya di Fisip Unsyiah Aminah Binti Sulaiman. Menyusuri jalan berliku sampai pedalaman Aceh Jaya yang indah. Suami Dek Aminah menjemput saya karena banyaknya pilihan jalan untuk masuk ke tempat mereka. Saya benar-benar takjub saat tiba disana. Pedalaman yang melahirkan sarjana bahkan master ilmu politik yang sekarang mengajar di Fakultas Fisip Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Yang lebih membuat takjub adalah geliat pengetahuan yang ditumbuhkan sejumlah sarjana untuk mencerdaskan masyarakat disana. 

Adalah TBM (Taman Baca Masyarakat) Aneuk Meuh Jaya yang didirikan oleh beberapa sarjana muda disana, kini menjadi salah satu komunitas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak. Sayangnya, buku yang mereka miliki tidak seberapa dengan minat membaca dan belajar mereka. 

"Kasihan mereka Bang, bukunya sangat sedikit. Mereka sudah baca semua bukunya. Akhinya ya gak ada pilihan lain selain membaca buku-buku itu aja" Ujar dek Aminah pada saya.

Tiba-tiba saya membayangkan, seandainya Pemerintah Daerah Aceh Jaya membina semangat para sarjana muda ini dalam mencerdaskan masyarakat, tentu tidak butuh waktu lama, Aceh Jaya akan melahirkan ratusan bahkan ribuan intelektual yang akan memberikan kontribusi nyata bagi Kabupaten bahkan  Aceh secara umum. Namun sampai sekarang belum ada perhatian dari pemerintah Aceh Jaya terhadap mereka, khususnya TBM Aneuk Meuh Jaya ini. Di daerah lain, jarang ada yang mau bergerak seperti ini. Betapa beruntungnya Pemda Aceh Jaya punya Sarjana Muda sesemangat mereka. 

Jika status ini sampai ke Pemda Aceh Jaya, saya berharap mereka mau main-main dan melihat langsung kesana. Sebab saya yang bukan siapa-siapa ini sudah turun mengunjungi mereka. 

#bagi yang punya buku bekas silahkan berbagi dengan TBM Aneuk Meuh Jaya. 

Bisa langsung kontak dek Aminah.