Daerah

SLB TNCC SELENGGARAKAN PARENTTING CLASS SEBAGAI FORUM EDUKATIF BAGI ORANGTUA ANAK ISTIMEWA

Published

on

SLB TNCC SELENGGARAKAN PARENTTING CLASS SEBAGAI FORUM EDUKATIF BAGI ORANGTUA ANAK ISTIMEWA

Selapost.com, Banda Aceh, Pendidikan tentang pengasuhan yang sangat penting bagi orangtua terutama yang memiliki anak istimewa agar dapat memberikan stimulasi yang terbaik untuk mengopmalisasi tumbuh kembang anaknya. SLB TNCC Banda Aceh mewujudkannya dalam bentuk kegiatan parenting class dimana program pemberdayaan orangtua tersebut menjadi program rutin sejak berdirinya TNCC d tahun 2013 lalu. 


SLB TNCC kembali menggelar parenting class yang ke 24 pada Sabtu, 10 September 2022 yang bertempat di Taman Putroe Phang dalam bentuk workshop dengan tema 'yuk bermain bersama'.


Rita mustika, S.Psi selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk berbagi permainan edukatif yang biasanya dilakukan di SLB TNCC kepada orangtua agar terjadi keselarasan program di rumah. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 orang peserta yang terdiri atas guru, wali murid dan juga masyarakat umum yang mendaftar melalui panitia. 


Kegiatan workshop edukatif ini diawal dengan penyampaian materi singkat terkait pentingnya bermain bersama anak yang disampaikan oleh DM.Ria Hidayati, S.Psi., M.Ed, praktisi pendidikan khusus yang juga merupakan Kepala SLB TNCC Banda aceh. Ria menyampaikan bahwa peran istimewa orangtua sebagai terapis utama anak tentu harus bisa bermain dengan menggunakan berbagai media yang mudah dan tersedia di sekitar, menggunakan cara yang menyenangkan dan juga melibatkan anggota keluarga di dalamnya. 

"penting sekali untuk dapat berperan sesuai usia anak agar dapat menjalin interaksi 2 arah yang optimal dan memiliki waktu berkualitas bersama anak-anak karena kesibukan orangtua dalam aktivitas sehari-hari", sambungnya.  


Kegiatan yang berlangsung setengah hari ini tampak mendapatkan antusiasme peserta yang baik. Kelompok kecil yang dibagi dengan permainan jenis motorik, bercerita menggunakan buku dan boneka jari, bernyanyi dan senam dan emosi melibatkan orangtua baik ayah maupun bunda yang permainan untuk menguasai permainan yang ada serta ditugaskan untuk membuat kreasi permainan baru yang orisinil. Kesemua tugas kemudian dipresentasikan di depan semua peserta dan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi dari SLB TNCC ayah bunda yang sudah mau belajar dan terus optimis mendidik anak istimewa.


Harapan yang besar dari pihak SLB TNCC agar semua orang tua senantiasa memiliki jiwa yang optimis akan tumbuh kembang anak melalui stimulasi yang sesuai kebutuhan dan dilakukan dengan hati. "SLB TNCC siap untuk mendampingi dan serentak bergerak mengedukasi melalui program kerja yang ada secara sistematis."sebagai sekolah dengan status sekolah penggerak menjadi tugas kami memberdayakan warga sekolah dan masyarakat yang berminat dengan isu parenting dan lainnya terkait penanganan anak istimewa.Mudah-mudahan bermanfaat untuk semua yang membutuhkan", tutup Ria di akhir kegiatan.