PPLN Tripoli Pastikan Pemilu Berjalan Dengan Lancar di Libya

8 months ago Internasional

TRIPOLI – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Tripoli telah berhasil menjalankan tugasnya dalam melakukan pemungutan suara pada pemilu 2019 ini, dengan baik dan berjalan lancar pada Sabtu (13/04/2019).

Meskipun dalam beberapa hari terakhir, situasi dan kondisi di Tripoli sedikit memanas akibat pertempuran yang masih berlangsung antara pasukan Pemerintah Nasional Gabungan Libya (PNGL) dengan Tentara Nasional Libya (LNA).

“Alhamdulillah, berkat kerjasama kita semua, kemarin kita sudah melaksanakan pemilu di Libya dengan lancar. Sekarang tinggal kita tunggu tahap selanjutnya, yaitu penghitungan suara yang akan kita laksanakan di tanggal 17 April nanti”, ucap Dony Harso selaku Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tripoli.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwasanya proses pemungutan suara di luar negeri pada pemilu 2019 dilaksanakan mulai tanggal 8 s.d 14 April 2019 dan proses penghitungan suara akan dilakukan serentak yaitu pada 17 April 2019. 

80 persen pemilih yang memberikan hak pilihnya pada pemilu 2019 di Libya didominasi oleh mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Libya. Hal ini dikarenakan mudahnya akses antara kampus dan KBRI, sedangkan para WNI yang berdomisili jauh dari ibukota tidak bisa memilih karena faktor keamanan disana yang belum pulih. “kebanyakan dari pemilih yang hadir kemarin adalah para mahasiswa yang sedang belajar disana. Tapi satu hal yang membuat kami takjub, bahwa ada seorang WNI yang berprofesi sebagai dosen di salah satu universitas di Kota Zawiya yang berjarak 40km rela datang demi menyalurkan hak pilih, meskipun perjalanan tersebut beresiko karena melewati zona inti pertempuran”, ucap Riyadi Syukri Harun selaku Ketua KPPSLN Tripoli. 

Pemilih di TPS 01 Tripoli berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) berjumlah 100 orang. Dari jumlah tersebut hanya 45 orang saja yang berhasil memberikan suaranya. “Dengan kondisi negara seperti ini, kita sangat menyarankan kepada WNI untuk lebih memperhatikan keamanan sehingga banyak diantara mereka yang tidak bisa berhadir”.

KPPSLN Tripoli memulai aktivitasnya sejak pukul 09.00 s.d 19.00 waktu setempat.[SH]

Trending Post

Iklan

Category Archive