Kesehatan

Pola Sehat Dengan Rutin Sholat Dhuha

Published

on

Pola Sehat Dengan Rutin Sholat Dhuha

Selapost.com – Dari beberapa waktu yang Allah ijabah doa, salah satunya waktu dhuha. Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Shubuh. Sungguh sholat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat) (Q.S Al-Isra: 78).

…..Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri……. (Q.S Ar-Ra’d:11).

Sebenarnya, peringatan ini sangat sesuai dengan pepatah yang diistilahkan dalam kehidupan, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Dalam artian, sejak matahari terbit, umumnya manusia telah berikhtiar mencari rezeki mencukupi kebutuhan untuk kelangsungan hidupnya.

Namun, ada hal yang mungkin terabaikan oleh kesibukan, sholat dhuha. Merasa tidak sempat mengerjakan, nyatanya sholat dhuha ini banyak sekali manfaatnya. Berikut, selapost rangkum beberapa manfaat sholat dhuha dari beberapa sumber, simak ulasannya!

1. Melancarkan peredaran darah 

Gerakan sholat dianggap merupakan olahraga terbaik yang dikerjakan setiap harinya. Cuaca yang menyentrik atau situasi ruangan yang berAC membuat tubuh menggerakkan otot-otot kembali secara normal dengan sholat dhuha. Mengoptimalkan kembali kerja jantung dan ginjal. 

2. Wajah bercahaya

Ketihan hendak sholat, pasti diwajibkan berwudhu. Membasuh wajah ini sama halnya membersihkan wajah, mencuci muka. Tentu sebuah penjagaan diri yang baik bagi kesehatan. Wajah tampak lebih cerah bercahaya dan mempunyai kesan yang berbeda dengan cerahnya kosmetik.

3. Mendapat Ampunan

HR. Tarmidzi Ibnu Majah meriwayatkan, “Barang siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebayak buih di lautan”.

4. Kemudahan urusan

Ikhtiar, doa dan tawakkal adalah tiga kunci yang dianjurkan selalu bergandengan dikerjakan. Ditengah-tengah kesibukan beraktivitas pada pagi hari, pentingnya menyempatkan waktu sejenak saja untuk 2 atau 4 rakaat memohon kelancaran atas setiap urusan yang akan dikerjakan agar selesai dengan bermanfaat dan berkah. 

Sangat mudah dan gampang bukan? Namun, masih jarang juga dari kita yang merutinkan diri menjadikan sholat dhuha dalam agenda harian. Semoga kita dapat membiasakan ini segera ya Sahabat.