Lingkungan

Pemuda dan Alam

Published

on

Pemuda dan Alam

Oleh : Afzalul Fajar

Alam yang indah ini mestilah sesuatu yang harus dijaga. Dan penjaga yang paling setia adalah kalangan pemuda. Muda indetik dengan vitalitas (daya juang) dan otentisitas (kemurnian) ketika menyulut api perjuangan. Pemuda yang berjuang dengan semangat idealisme merupakan suatu yang sangat cocok untuk penjagaan alam ini dari pengrusakan. 


Keindahan alam harus dilestarikan dengan segenap kekuatan para pemudanya. Pemuda yang berfikir cermat dan berfikir visioner sepalu melihat kemaslahatan generasi yang akan datang. Dengan begitu mereka bergerak dengan kehati hatian, dengan kebijakasanaan yang akan berdampak pada generasi yang akan datang. 


Alam beserta kelayaan yang ada didalamnya merupakan sumber kehidupan dan sumber penghidupan manusia. masyarakat petani membutuhkan alam untuk diolah agar bisa bernilai, maskarakat perkotaan juga membutuhkan alam untuk berbagai banyak hal keutuhan. Semua manusia dari sejak adam hingga saat ini dan yang akan datang tidak bisa melepaskan ketergantungannya pada alam. 


Maka oleh karena itu, harapan kita semua agar para pemuda selalu antusias dan pro aktif mengnai isu lingkungan, sensitifitas para pemuda harus tinggi saat mendengar ada gejala pengrusakan alam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Menjaga alam harus dijadikan prioritas utama demi kemaslahatan bersama generasi saat ini hingga generasi yang akan datang nanti.