Kesehatan

Orang Gemuk Rentan terinfeksi covid 19, Benarkah?

Published

on

Orang Gemuk Rentan terinfeksi covid 19, Benarkah?

Pandemi covid 19 sudah meresahkan dan menakuti banyak kalangan. Orang-orang diseluruh penjuru dunia dengan sadar berjuang keras untuk menghindari virus covid19.

Namun ada berita buruk bagi beberapa orang, karena ternyata covid 19 ini menyerang orang yang memiliki imun tubuh yang rendah.

Diantata tipe orang yang sangat rentan terkena covid 19 adalah mereka orang orang terlalu gemuk atau istilah kerennya obesitas.

Karena menurut Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Kerry Lestari Dandan menjelaskan bahwa obesitas dapat menurunkan sistem imunitas tubuh, sehingga berpengaruh terhadap kekebalan melawan infeksi virus, termasuk COVID-19.

Pendapat Kerri tersebut diperkuat kembali oleh Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Jawa Barat Dr. dr. Gaga Irawan Nugraha, Sp.GK, MGizi yang menerqngkan bahwa "Lemak tubuh mereka yang mengalami obesitas itu tersebar di mana-mana, jantung banyak lemak, juga perut. Sehingga ketika terinfeksi Covid-19 sulit bernafas akibatnya paru-paru lebih kecil karena jantung tertimbun lemak," ujar Dr. Gaga dalam talkshow bertema "Obesitas dan Risiko

Sumber:antara