Pendidikan

Operator Desa Kecamatan Kutablang Ikut Pelatihan Siskeudes

Published

on

Operator Desa Kecamatan Kutablang Ikut Pelatihan Siskeudes

BIREUEN - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kutablang menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) untuk Operator Gampong se-kecamatan Kutablang,Kamis 15/11/18.


Ketua BKAD Kecamatan Kutablang, Keuchik Mutasir Menyampaikan "Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk pelatihan agar operator dapat memahami cara mengaplikasikan aplikasi Siskeudes dalam menyusun anggaran pembangunan desa (APBDes).


Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua gelombang, untuk gelombang I diikuti oleh 21 gampong sejak 12-13 Novenber 2018 dan sisanya 20 gampong lagi berlanjut pada gelombang ke II pada 14-15 November 2018", sebutnya.


Lanjut Mutasir yang juga Keuchiek Gampong Cot Baroh "pemateri kami datangkan dari Dinas PMGPKB dan Asisten fasilatator kabupaten dan untuk kebutuhan peserta kami menyediakan, snack, makan siang, tas, ATK dan uang transport serta sertifikat" rincinya.


“Pergampong mengirim satu orang peserta, Pelatihan kita bagi dalam dua angkatan.,” katanya.


Sementara itu, Camat Kutablang Mukhsen S.Ag yang berkesempatan memberikan arahan di penutupan akhir Pelatihan menjelaskan dengan adanya aplikasi Siskeudes adalah upaya memudahkan pengelolaan keuangan di desa pasca lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014. Dengan ada nya pelatihan ini dapat di implementasi di desa masing-masing,"Harapnya.


Lanjutnya untuk itu kita berharap agar pengelolaan dana desa bisa berjalan baik maka perlu adanya satu aplikasi yang mengatur sistem pengelolaan keuangan dan lahirlah aplikasi Siskeudes untuk pengelolaan APBG/desa mulai tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan," paparnya.[Fauzi]