Kesehatan

Mau Berat Badan Turun Secara Alami? Coba 8 tips ini

Published

on

Mau Berat Badan Turun Secara Alami? Coba 8 tips ini

Selapost.com – Hai sahabat selapost, setiap kita menginginkan hidup sehat dengan berat badan yang ideal. Kamu bisa menghitungnya dengan cara berat badan dibagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek tabel BMI/IMT. Nah, jika kondisi BB kamu kelebihan, yuk simak ulasan  berikut ini 8 tips yang sering dan gampang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selapost sudah merangkum dari beberapa sumber lainnya, check it do it !

1. Rutinkan Minum Air Putih Banyak

Hal ini mengakibatkan porsi makan berkurang. Selain itu, air putih juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan kerja ginjal. Berfungsi membuang racun dan meningkatkan daya pikir otak. Menjadikan kulit cerah dan sehat.

2. Kurangi Porsi Makan

Hindari makan dalam jumlah yang banyak, namun sering. Seperti 3 sendok nasi dengan lauknya saja, namun tetap rutinkan makan minimal 3 kali sehari.

 3. Perbanyak dengan makanan berserat

Biasakan dengan memilih makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan (alpukat, papaya, pir, pisang) dan sayuran (brokoli, kubis) , kacang polong, atau beras merah. Asupan makan berserat ini dapat membersihkan saluran pencernaan, juga mampu menghindari kolesterol.

4. Batasi waktu makan tidak lebih pukul 6 sore

Hindari 2 atau 3 jam mengonsumsi makanan berat sebelum tidur. Usahakan jaga porsi makan lebih sedikit mengerucut ke bawah. Makan siang lebih sedikit dari sarapan, begitu juga makan malam lebid sedikit dari makan siang. Seimbangkan dengan penurunan aktivitas tubuh dalam bekerja.

5. Kurangi cemilan dengan gula tinggi

Baca dan teliti komposisi cemilan. Makanan manis dapat memicu diabetes, kolesterol, atau gigi berlubang.

6. Konsumsi Madu

Sebagai pengganti rasa manis, gunakan madu atau rutinkan minum madu dengan campuran jahe. Campur 3 sendok madu seduh dengan air hangat dan tambahkan 2 sendok perasan jahe.

7. Olahraga 

Minimal sekali rutinkan dengan olahraga ringan atau berjalan kaki. Energi yang dikeluarkan oleh tubuh mampu adalah bukti pembakaran lemak dan kalori yang menimbun.

8. Biasakan Minum Teh Hijau

Teh hijau mempunyai khasiat yang khusus dalam kesehatan. Usahakan minum sebelum makan agar porsi makan menjadi kecil. Seduh teh dengan air hangat dan sebaiknya jangan tambahkan gula. 

Selamat mencoba, semoga berhasil ya. Semangat!