Pendidikan

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 129 Beri Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Pada Warga Cot Trieng

Published

on

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 129 Beri Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Pada Warga Cot Trieng

BIREUEN - Mahasiswa Universitas Malikussaleh mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Cot Trieng, Kecamatan Muara Satu, Aceh Utara, dalam hal tersebut Kelompok 129 memberikan penyuluhan dan mempraktikkan pembuatan pestisida nabati, Jum’at (05/11/2021) dibalai desa setempat.

Mahasiswa KKN-PPM Unimal yang tergabung dalam kelompok 129 tersebut adalah Gusti Muhammad Arif Nata Wijaya (Agribisnis), Ferdio Putra Yoda (Agribisnis), Ami Dhania Rovi S. (Kedokteran), Syarina Syafira (Kedokteran), Muhammad Dicky Firenza (Kedokteran), Cut Sarah Faradila (Kedokteran), Risqi Uswatun Hasanah (Kedokteran), Salomo Sahat Hagabean Pasaribu (Administrasi Publik), Teguh Harliansyah Harahap (Administrasi Publik,) Lusi Mayasari Br. Ambarita (Sosiologi) dan didampingi dosen pembimbing lapangan ( DPL) Dr. Ir. Jamidi, M.P.

Ketua KKN-PPM 129, Gusti Muhammad Arif Nata Wijaya mengatakan, Penyuluhan ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat desa cot trieng yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara pembuatan Pestisida Nabati dalam upaya untuk meminimalkan pengeluaran rumah tangga.

Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk menjadikan pembuatan Pestisida Nabati ini sebagai industri rumah tangga yang bisa menambah penghasilan masyarakat desa Cot trieng.

Ami Dhania Rovi, anggota kelompok 129 menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman sekaligus memberitahukan bahan-bahan apa saja yang digunakan, tata cara pembuatannya hingga melakukan praktik pembuatan Pestisida Nabati secara langsung. 

“Semoga dengan adanya penyuluhan ini masyarakat dapat membuat Pestisida Nabati sendiri untuk kebutuhan sehari-hari,"harapnya. 

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Ir. Jamidi, M.P. memberikan dukungan penuh atas kegiatan Praktik pembuatan Pestisida Nabati yang dilakukan kelompok bimbingannya, sebab selain bermanfaat untuk mahasiswa juga dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat yang diajari.

Terdapat banyak pujian yang diterima oleh peserta KKN dari masyarakat Cot Trieng, sebab sebagian  masyarakat sekitar masih ada yang belum mengetahui bahan maupun tata cara pembuatan Pestisida Nabati mandiri dan dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

"Terimakasih adik-adik, tentunya ini sangat membantu untuk kami," kata salah seorang ibu di desa Cot Trieng pada praktik tersebut. [007]