Kesehatan

Ketahui 4 Jenis Kulit Wajah sebelum perawatan

Published

on

Ketahui 4 Jenis Kulit Wajah sebelum perawatan

Selapost.com – Wajah merupakan salah satu sasaran utama yang paling ditilik perihal kecantikan dan kesehatan seseorang. Pentingnya mengenal jenis kulit pada wajah ini bertujuan untuk memilih perawatan yang cocok pada wajah, baik secara alami/herbal maupun produk kosmetik. Setiap orang mempunyai respon kulit yang berbeda-beda terhadap produk yang digunakan. Ada baiknya, kenali dulu jenis kulit Anda sebelum menggunakan produk perawatan wajah agar terhindar dari iritasi dan detox pada kulit wajah. 

Adapun yang mempengaruhi masing-masing jenis kulit wajah ini tergantung kadar air terhadap elastisitas kulit, kandungan minyak terhadap kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Faktor lainnya juga dipengaruhi oleh pertambahan usia, faktor genetik atau riwayat penyakit.  

Seperti yang dilansir merdeka.com, terdapat 4 jenis kulit wajah yang perlu diketahui, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif.

Untuk itu, berikut ini kami rangkum dari beberapa sumber untuk sahabat selapost.com terkait jenis kulit wajah, ayuk telisik untuk cantik sehat dengan perawatan yang tepat. 

1. Kulit Wajah Normal 

Kulit wajah normal biasanya memiliki tingkat sebum dan hidrasi yang seimbang, yaitu jumlah kandungan zat minyak dan kandungan air yang terdapat pada kulit wajah cenderung pas. Tidak mengalami kandungan pada kulit yang berlebihan.

2. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah ini mempunyai produksi sebum (zat minyak) yang berlebihan. Meski pada dasarnya sebum berfungsi membantu melindungi dan melembapkan kulit, namun kondisi kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori besar dan tersumbat serta mudah menimbulkan jerawat. Memicu munculnya komedo, jerawat dan noda hitam. Penyebab lainnya kulit berminyak juga dapat dipengaruhi karena pubertas, cuaca panas, stres, dan efek obat-obatan seperti antibiotik.

3. Kulit Wajah Kering

Jenis kulit wajah kering dikarenakan kurangnya kelembapan di lapisan kulit terluar yang mengakibatkan retaknya permukaan kulit, sehingga terasa kering saat disentuh.

Beberapa faktor penyebab jenis kulit wajah kering bisa jadi dikarenakan faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi ultraviolet, mandi air panas terlalu lama, atau bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, pembersih, hingga obat-obatan. Usai mencuci muka atau tanpa menggunakan pelembap, kulit wajah kering akan terasa kencang tertarik, seperti di area dahi, tengah hidung, dan dagu.

4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit wajah sensitif ini sangat rentan mengalami iritasi, alergi, dan ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu,  seperti terik matahari, lingkungan, tanaman, makanan, dan produk kosmetik. Kulit sensitif mudah sekali  bereaksi pada produk kosmetik yang terlalu keras atau yang tidak cocok dengan kondisi wajah.

 Nah, sahabat Selapost.com semoga tulisan ini bermanfaat dan mari berbagi artikel ini untuk mendukung tulisan-tulisan sebelum dan sesudahnya. Terimakasih