Kesehatan

Ini 9 Cara Alami Hilangkan Jerawat

Published

on

Ini 9 Cara Alami Hilangkan Jerawat

lapost.com – Siapa yang tidak risih dengan salah satu kategori gangguan kulit ini, jerawat. Banyak sekali faktor yang mengundang munculnya jerawat, banyak pikiran, kurang istirahat, terpapar sinar UV dan polusi, akibat makanan, pubertas atau kelebihan hormon. Tidak hanya pada perempuan yang notabennya lebih menjaga dan melakukan perawatan khusus terhadap kulit wajah, pasalnya jerawat juga hadir tanpa mengenal jenis kelamin, usia, dan waktu.

Hampir sebagian orang bahkan mengeluarkan biaya yang besar untuk mengatasinya. Tidak jarang pula berbagai macam produk kosmetik digunakan coba-coba untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari perawatan khusus hingga membersihkan bekas jerawat ibarat perasaan yang benar-benar harus dijaga. Mungkin benar seperti pepatah bilang, “sehat itu mahal”. 

Namun, jangan khawatir dulu sahabat, ada banyak sebenarnya bahan alami yang cocok dan tepat dengan perawatan kulit wajah bahkan mempunyai resiko kecil dari munculnya detox di wajah. 

Nah, kali ini selapost.com sudah merangkum dari beberapa sumber untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami, seperti lidah buaya, madu, bawang putih, kayu manis dan lainnya bisa kita manfaatkan. 

Cara lainnya juga dapat dilakukan denganmenjalani pola hidup yang sehat, olahraga dan mengatur asupan pola makanan.

Sahabat selapost.com bisa mencoba dengan beberapa bahan alami  berikut, namun tetap berhati-hati karena sensitifitas kulit berbeda-beda, sehingga respon kulit pun berbeda-beda saat dalam penggunaannya. 

Berikut 15 cara alami hilangkan jerawat dan penggunaannya.

1. Lidah buaya

Tanaman ini menghasilkan gel yang mampu meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat, karena mengandung asam salisilat dan sulfur. Cara penggunaannya, sisihkan gel lidah buaya dengan sendok Oleskan langsung ke wajah sebagai pelembap. Lakukan 1-2 kali sehari. Jika terjadi iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan.

2. Madu dan kayu manis

Kandungan antioksidan pada madu dianggap mampu membersihkan kotoran di wajah seperti penyumbatan pori-pori. Madu ini bersifat antibakteri dan terdapat kandungan yang membantu penyembuhan luka. Cara penggunaannya sangat mudah, oleskan madu ke kulit dengan menggunakan kapas steril. Selain itu, madu juga dapat di campur dengan kayu manis yang dijadikan sebagai masker. Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis yang sudah dijadikan bubuk. Aduk hingga membentuk pasta. Bersihkan wajah, langsung oleskan pasta tersebut ke kulit wajah. Diamkan 10-15 menit. Bilas bersih wajah dan keringkan. 

3. Es batu 

Suhu dingin pada es batu ini dipercaya mampu meredakan jerawat yang meradang ya sahabat. Untuk jenis jerawat yang sedikit lebih membesar, biasanya es batu ini dibalut dengan kain dan perlahan di kompres ke area jerawat dengan perlahan, sehingga meredakan kemerahan dan peradangan di kulit wajah. 

4. Perasan jeruk lemon 

Sedikit perih, ini akan dirasakan jika terkena perasan air jeruk lemon. Namun, kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon dianggap baik untuk mengatasi jerawat. Cara penggungaannya ambil kapas steril, celupkan ke perasan air jeruk lemon. Usapkan perlahan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat, dan diamkan semalaman. Namun, ingat berhati-hati, risiko iritasi yang berlebihan karena perih, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

5. Putih telur 

Terdapat protein dan vitamin pada putih telur yang mampu membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak dari kulit, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat. Cara penggunaanya, oleskan putih telur ke area berjerawat, lalu diamkan 10 menit. Bilas wajah hingga bersih. Namun, perlu diingat, telur mentah mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Jadi, gunakan telur yang bersih dan organik. 

6. Kulit jeruk 

Kulit jeruk ternyata mempunyai banyak manfaat dalam memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada kulit jeruk baik untuk regenerasi sel kulit. Cara menggunakannya, parut kulit jeruk, haluskan dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan ke kulit dan diamkan selama selama 10 menit. Bilas wajah hingga bersih. 

7. Redakan stres 

Nah, tidak jarang banyak yang abai dengan perawatan diri yang satu ini. Setiap orang mempunyai kadar hormone yang berbeda-beda dan diproduksi berbeda-beda pula. Saat seseorang stress, sebum (zat minyak) akan lebih banyak dihasilkan oleh hormon tubuh seseorang. Keadaan yang berlebihan ini dapat memperparah jerawat dan memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40% yang merupakan bekas jerawat.

8. Olahraga teratur 

Olahraga ini berfungsi memperbaiki sirkulasi darah yang menyebabkan aliran darah meningkat. Hal ini membantu memelihara sel kulit agar tetap sehat, sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkannya. 

9. Banyak minum air putih 

Perlunya hidrasi pada tubuh seseorang dapat dibantu dengan memperbanyak konsumsi air putih, minimal 2 Liter/hari. Hal ini menjadikan cairan tersebut membantu proses penyembuhan di kulit agar lebih cepat, dan mengurangi resiko munculnya jerawat baru karena kondisi kulit yang kering akibat kekurangan cairan akan mudah iritasi dan memunculkan jerawat. Semoga bermanfaat!. [RAU]