Kenapa Harus Bertimakasih Pada PKS dan FPI?

10 months ago Opini

Oleh : Jeriyanto*


Setiap zaman ada orang nya, setiap orang ada zamannya, begitulah kira kira penggalan dari sebuah kalimat bijak yang sering diucapkan. Tentu kita bisa menjadikan nya sebagai acuan pada saat merenungi lebih dalam, atas kejadian yang ada di Indonesia. Kita semua tau dulu sebelum kemerdekaan banyak sekali pergerakan yang bermunculan dengan tujuan untuk merdeka dari penjajahan.

Setelah merdeka pun kita terus  menyaksikan perkembangan gerakan sosial dan gerakan politik yang pada akhirnya menjadi lembaga yang lebih modern dengan berbagai latar belakang, ideologi, dan orientasi. Indonesia punya Muhammadiyah dan NU yang menjadi wadah bagi umat Islam dalam berfastabiqulkhairat, lalu juga bermunculan partai politik yang beraneka ragam. Semuanya adalah mesin sosial yang akan menghasilkan kebaikan bagi masyarakat dan negara.

Kini era reformasi, lembaga atau partai politik sudah sangat dinamis dan modern, dengan berbagai sumber daya yang ada mampu berkerja secara cepat, jika hari ini terjadi musibah bencana alam di sebuah wilayah  maka dalam waktu yang singkat bantuan segera datang baik itu berupa logistik maupun sumber daya manusianya. Lembaga sosial kemanusiaan dan partai politik yang ada di Indonesia tidak sedikit yang menjadi media untuk meringankan masyarakat yang mengalami musibah bencana alam.

tidak jarang masyarakat menyaksikan berbagai kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga sosial, sebut saja FPI, lembaga Islam yang satu ini selalu hadir setiap kejadian bencana alam yang ada di Indonesia  untuk membantu para korban. Dan tentu banyak juga lembaga lembaga lainnya yang  ikut berkontribusi. FPI menjadi keunikan tersendiri, sebab lembaga ini sering berpolemik dan kontroversial ketika melakukan kegiatan amar makruf dan nahi mungkar nya, yang di anggap sebagian orang tidak patut, karena telah menggantikan pekerjaan kepolisian seperti penggerebekan tempat pelacuran. Namun terlepas dari kegiatan kontroversial nya, FPI sudah banyak menunjukkan berbagai macam aktivitas sosialnya yang sangat mulia. 

Tidak hanya lembaga sosial atau ormas seperti FPI saja yang berkontribusi dalam setiap bencana alam, tapi partai politik pun juga ikut berperan, misalnya seperti partai yang berideologi Islam PKS. Partai yang satu ini tidak sedikit kontribusinya bagi kemanusiaan, banyak kader kadernya dengan sukarela terjun langsung ke lokasi bencana untuk membantu para korban. Bantuan PKS kepada masyarakat ini tentu didasarkan pada nilai nilai Islam yang menganjurkan saling menolong sesama manusia dan akan menjadi investasi pahala di akhirat.

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa apa yang PKS lakukan pada saat bencana alam itu merupakan strategi kampanye semata, namun faktanya dari hasil pemilu suara PKS belum pernah menempati urutan ke tiga atau lima besar alias partai ini masih kelas menengah. Bisa dibilang tindakan PKS selama ini merupakan tulus atas prinsip kemanusiaan, tidak lebih.

Sebagai masyarakat, kita sangat bersyukur dan bergembira atas perilaku organisasi FPI dan partai PKS itu, disamping telah membantu masyarakat korban bencana alam, juga telah meringankan beban pemerintah sebagai yang paling bertanggung jawab atas warga negaranya.


*Penulis merupakan pegiat di komunitas masyarakat sadar informasi*

Iklan

Category Archive