Pendidikan

Ini Konsep Yang di Tawarkan Oleh Tengku Munawar,S.Pdi Dalam Lembaga IMAMAH

Published

on

Ini Konsep Yang di Tawarkan Oleh Tengku Munawar,S.Pdi Dalam Lembaga IMAMAH

Ini Konsep Yang Di Tawarkan Oleh Oleh : Tengku Munawar,S.Pdi

BIREUEN - Konsep Aceh Hebat dalam bingkai syariat merupakan konsep dengan sistem standarisasi pendidikan nonformal melalui lembaga IMAMAH Kabupaten Bireuen, Rabu,25/07/18.


Dengan sistem berjenjang mulai dari TKQ yang berumur 4 hingga 6 tahun, anak dikelas tersebut pelajarannya tentang huruf dan tata cara baca Alqur'an dengan benar dan baik serta belajar doa doa pendek.


Diumuran yang ke 7 hingga 9 tahun, dia sudah memasuki jenjang TPQ dan anak seumuran ini sudah bisa mencoba Alqur'an dan sudah menghafalkannya surah surah pendek, hafal doa doa pendek serta diajarkannya hukum hukum bersuci.


Dikala umuran sudah sampai 10 hingga 12 tahun, ini sudah memasuki jenjang MDI, disini mereka akan menghafal al-qur'an 1 juz ataupun perjuz, sehingga targetnya diumuran anak yang ke 12 tahun, minimal dia sudah menghafal 12 juz.


Kalau anak umur 12 tahun sudah menghafal 12 juz, maka bisa dipastikan dikala umur sudah mencapai 15 tahun maka sudah menghafal 30 juz surah Alqur'annya.


Maka nantinya, anak anak kita disaat sudah sampai baliq, maka sudah menghafal alqur'an dan anak aceh akan jadi alqur'an " berjalan ", bayangkan kalau perdesa ada 10 anak yang kita didik dengan sistem atau konsep ini maka Bireuen akan melahirkan 7000 atau bahkan lebih hafiz Alqur'an nantinya.


Semoga konsep ini bisa menjadi solusi, insyaAllah Bireuen akan hebat dan bermartabat, jika nantinya diikuti oleh kabupaten/kota lainnya maka akan menjadi Aceh hebat.


Memang tidak mudah untuk melakukan hal tersebut, maka dari itu kita sama sama peduli terhadap generasi aceh dengan ikut menyumbang pemikiran dan tenaga dalam tujuan mencerdaskannya.[AF]