Kesehatan

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidup Bahagia

Published

on

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar  Hidup Bahagia

Selapost.com – Fakta mengejutkan hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap dalam 40 detik terdapat 1 orang tewas karena tekanan hidup. 

Terlepas dari apapun masalah yang terjadi, hal ini sangat miris karena diungkapkan tewas sebab “bunuh diri” . 

Menurut WHO, kondisi ini dipengaruhi oleh faktor kesehatan mental yang sangat penting terhadap kesejahteraan psikologi seseorang. Kesehatan mental mempengaruhi keseimbangan faktor kebahagiaan hidup. 

Nah, untuk itu perlu ditilik seperti apa cara menjaga kesehatan mental ini agar mampu menciptakan rasa bahagia yang dapat mengelola perasaan seseorang dalam melewati tekanan hidup. 

Simak ulasan selapost.com berikut ini yang telah di rangkum dari beberapa sumber. 

1. Menyadari keadaan perasaan yang terjadi

Ketika berhadapan dengan sebuah masalah, cobalah tata perasaan Anda untuk tetap memunculkan rasa tenang. Perlu diingat bahwa masalah adalah hal yang harus diselesaikan, bukan dihindari.

2. Menyibukkan diri dengan hobi 

Disaat merasa tertekan, tidak jarang emosional seseorang lepas kendali. Ada baiknya beri ruang diri untuk menyibukkan diri dengan mengalihkannya kepada hal-hal yang Anda sukai. 

3. Utarakan permasalahan dengan bicarakan

Manfaatkan waktu untuk membicarakan permasalahan. Temukan orang yang tepat dalam berkomunikasi. Ini merupakan hal penting yang mampu melahirkan solusi, melepaskan stress, dan memberika ketenangan batin. 

4. Tidur yang cukup

Kesehatan mental sangat mempengaruhi banyak hal, termasuk kesehatan fisik. Tubuh yang lelah butuh istirahat yang cukup. Cobalah rebahan atau tidur dengan nyenyak 7 jam. 

5. Pola makan

Atur pola makan dengan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan otak saat berpikir. Hindari perut lapar dan keroncongan. Pilih makanan sehat seperti sayuran dan kurangi masakan berpenyedap. Usahakan makan minimal 3 kali sehari. Ikuti anjuran makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. 

6. Olahraga

Olahraga, olahjiwa dan olahrasa adalah 3 hal yang harus dijaga tetap seimbang. Pikiran dan perasaan yang sehat akan menunjukkan tubuh yang sehat dan semangat pula. Menjaga kebugaran tubuh dapat meningkatkan hormon dopamin (hormon bahagia) dalam tubuh. 

Nah, sahabat selapost silakan berlatih dan tetap semangat menjaga kesehatan mental diri kita ya. Hindari hal-hal yang membuat Anda murung dan sayangi dirimu sendiri untuk bahagia. Tanamkan pikiran-pikiran positif agar ksehatan fisik Anda juga seimbang dengan kesehatan mental.