Kesehatan

10 Kebiasaan Yang Menjadikan Tidur Malam Berkualitas

Published

on

10 Kebiasaan Yang Menjadikan Tidur Malam Berkualitas

Selapost.com – Kualitas tidur malam akan mempengaruhi kondisi tubuh disaat bangun esok hari. Rentang waktu terbaik tidur malam minimal selama 7-8 jam. Selapost merangkum pola tidur yang mampu menjadikan pagimu terbangun lebih segarp. Lakukan kebiasaan berikut ini !

1. Berhenti Makan 

Menjaga asupan makanan dan membiasakan makan 3-4 jam sebelum tidur agar tidak memicu gangguan pencernaan .

2. Menyikat Gigi

Usahakan rutin  menyikat gigi sebelum tidur untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat disela-sela gigi. Mencegah gigi berlubang. 

3. Mandi Air hangat

Mandi air hangat akan membuat tidur lebih mudah mengantuk dan akan tertidur lebih pulas.  

4. Mencuci muka (berwudhu) 

Mencuci muka adalah aktivitas membersihkan wajah dari sisa-sisa kosmetik, keringat, atau kotoran debu yang menempel. Bahkan islam juga menganjurkan membasuh wajah dengan berwudhu sebelum tidur mampu menjadikan tidur lebih terjaga. “Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

hormo

5. Mengganti Pakaian

Jika kondisi badan sebelumnya begitu berkeringat, cobalah ganti dengan pakaian baru yang lebih bersih. Agar terhindar dari panu atau biang keringat. Dan aroma badan yang segar juga membuat tidur lebih nyenyak. 

6. Membersihkan tempat tidur

Jangan lupa untuk “menggertuk” tempat tidur sebelum tidur. Kondisi tempat tidur yang rapi, dan bersih akan menjadikan suasana hati senang dan pikiran positif yang nyaman untuk tidur.

7. Matikan gadget

Jauhkan gadget dari tubuh dan hindari radiasi gadget yang terlalu dekat. Sebaiknya matikan koneksi internet dan letakkan gadget menjauh dari posisi kepala. 

8. Matikan Lampu

Kondisi tidur dengan mematikan lampu dapat menghindari peningkatan hormon. Sehingga, tubuh terlelap lebih baik tanpa bekerja memproduksi hormon. 

9. Gunakan Kelambu atau pembasmi nyamuk

Untuk kualitas tidur yang aman dan tidak terganggu dengan gigitan nyamuk. Pasanglah kelambu atau gunakan pembasmi nyamuk yang aman disaat 1-2 jam sebelum tertidur. Hindari penggunaan lotion atau obat nyamuk bakar selama tidur yang membahayakan bagi kesehatan.

10. Berdoa

Jangan lupa awali tidur yang baik dengan memohon perlindungan kepadaNya.  “Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”. Artinya; “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”