Lifestyle

Tips Membimbing Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget

Published

on

Tips Membimbing Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget

Orang tua sangat mengkhawatirkan anak anak mereka soal kecanduan gadget. Tidak sedikit anak anak bermain gadget kelewat batas. Dan bisa membahayakan mereka karena radiasi yang berlebihan dari gadget tidak bagus untuk tubuh. Maka sudah saatnya orang tua punya strategi dalam menghadapi anak yang bermain fengan gadget agar tidak menagalami candu.

Berikut tips nya :

1. Waktu pemakaian gadget harus diatur

Mengatur jadwal pakai gadged harus fipikirkan sedari awal, agar anak bisa menyesuaikan pemakaian gadget dengan waktu standar

2. Hindari menjadikan gadget sebagai obat untuk menenangkannya.

Kebanyakan orang tua saat menenangkan anaknya yang sedang marah atau menangis dengan memberi gadget, tindakan tersebut keliru. Karena bisa menjadi kebiasaanya kelak.
Maka upayakan agar mendiamkan anak sedang menangis dengan cara cara yang unik. Seperti mengajak bermain game efukatif.

3. Kontrol anak saat menggunakan gadget

Penngawasan orang tua terhadap anak yang sedang bermain gadget sangat diperlukan, sebab dunia gadget apalagi yang ada internetnya sangat bebas. Terkadang konten yang ditampilkan tidak sesuai dengan usia anak anak.

4. Komunikasi yang intens dengan anak

Masa  anak anak adalah dunia yang dipenuhi dengan keingintahuan, sebaiknya orang tua melakukan komunikasi edukatif yang terus menerus dengan anak agar ia tidak lalai dengan gadgetnya. Sesekali ajak dia bermain game tanpa gadget.