Ternyata Begini Alasannya Kenapa Buah Ceplukan Harga Meroket

10 months ago Kesehatan

Selapost.com - Buah yang dulunya menjadi mainan anak anak dan tak dipedulikan ini, kini mulai dicari dan harganyapun meningkat drastis. Seperti dibrunei,sebijinya bisa dihargai Rp10 ribu dan di mal di kota besar di Jakarta sekilonya mencapai Rp500 ribu.

Di Indonesia ceplukan ini bisa dijumpai di banyak daerah, tanaman liar ini tumbuh dihalaman kosong, pekarangan rumah, atau tempat lain yang tanahnya tidak becek, baik di dataran rendah maupun tinggi. Di Bali tanaman ini dikenal dengan ciciplukan, di Madura dikenal dengan nyor-nyoran, Jawa Barat (cecenetan), di Jawa Tengah (ceplukan), Bahkan di Inggris ada yang disebut dengan Morel Berry dan masih banyak sebutan nama di daerah lain terutama di dataran rendah, di bawah pohon pokok dan agak lembab, buahnya berwarna kuning muda saat matang diliputi kulit tipis berbentuk seperti lampion.

Seperti dilansir Intisari.grid.id, terna semusim yang tingginya hanya 10-80 cm ini bukan tanaman asli Indonesia tapi berasal dari Amerika tropika.

Ia didatangkan oleh orang Spanyol pada zaman penjajahan abad XVII, ketika orang VOC masih merajalela bersaing dengan orang Spanyol dan Portugis menjajah bangsa kita.

Diduga yang berkenalan pertama kali dengan tanaman bawaan ini ialah orang Maluku (yang menyebutnya daun boba), dan Minahasa (yang menyebutnya leietokan), karena merekalah yang pertama kali dilanda penjajah Spanyol dari Filipina.

Dari Maluku, ada yang kemudian mengenalkannya ke Jakarta (sebagai cecenet), Jepara (sebagai ceplukan), Bali (keceplokan), dan Lombok (dededes). Dari Jakarta baru diperkenalkan ke Sumatra Timur (sebagai leletop).

Berdasarkan hasil analisis berabad-abad kemudian, ternyatabuaht anaman itu mengandung vitamin C yang relatif tinggi, lebih tinggi dari pada buah anggur. Diduga, inilah penyebab daya penyembuhan luka yang begitu besar, seperti yang dialami para prajurit Romawi di pertempuran Iran dulu.

Khasiat dan Manfaat Ceplukan Ceplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik. Juga sebagai peluruh air seni (diuretic), menetralkan racun, meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor.

Khasiat tanaman herbal ceplukansebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti:

Diabetes mellitus:Ambil pohon ceplukan yang sudah berbuah cabut sampai akarnya, cuci bersih, layukan, setelah layu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas, saring dan diminum 1 x sehari.Sakit paru-paru, batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buahpelir (orchitis):Ambillah pohon ceplukan lengkap dari pohon, buah, daun, batang dan akarnya, cuci bersih, rebus dengan 3 – 5 gelas air hingga mendidih, saring, minum 3 x sehari 1 gelas setiap kali minum.Ayan:Ambil 8 – 10 buitr buahciplukan yang sudah masak. Dimakan setiap hari secara rutin.BorokAmbil 1 genggam daun ciplukan tambah 2 sdm air kapur sirih, tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. Bisul:Ambil daun ceplukansebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Tempelkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari. Influenza dan Sakit Tenggorokan.Tumbuhan ceplukan (semua bagian) yang sudah dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.

Siapa sangka buah yang tumbuh liar ini banyak manfaatnya? Hasil penelitian herbalis, menyimpulkan buah, daun dan akar Ciplukan banyak mengandung banyak senyawa alami yang bermanfaat seperti asam malat, asam sitrat, fisan alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula alami.

Tak hanya manfaat, alasan kenapa buah ini mahal juga karena eksistensinya yang cukup jarang dan susah untuk dibudidayakan. Jadi, para pengepul hanya bisa mengambil dari yang liar-liar saja. Seperti prinsip ekonomi, kelangkaan sebuah barang akan membuat harganya naik.[007]

Trending Post

Iklan

Category Archive