Pendidikan

Terkait Mahasiswa KKM, Begini Kata Alumni Universitas Almuslim

Published

on

Terkait Mahasiswa KKM, Begini Kata Alumni Universitas Almuslim

BIREUEN - Penyerahan Kuliah Kerja Mahasiswa ( KKM ) Universitas Almuslim kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen, Untuk diserahkan kepada kecamatan Samalanga dan Simpang Mamplam dalam kabupaten tersebut,Senin,06/08/18.


Alumni UNIMUS Yusri,S.sos kepada selapost.com mengatakan semoga Mahasiswa yang KKM di desa yang di tentukan mampu berbaur dengan Masyarakat setempat dan berani menuangkan ide ide untuk kemajuan desa tersebut.


Memahami permasalahan yang terjadi di Masyarakat dan mampu memberikan solusi yang terbaik, di lapangan mereka dituntun agar bisa hidup bermasyarakat, mandiri, disana akan terbentuk sikap, rasa cinta, kepedulian sosial dan tanggung jawab terhadap kemajuan masyarakat, imbuhnya.



Mahasiswa KKM harus berani dalam memaparkan ie-ide baru kepada para petinggi desa dan masyarakat terkait dengan pengelolaan dana desa, baik itu diawali dengan sosialisasi perseorangan atau secara keseluruhan sehingga masyarakat tau akan penggunaan dana tersebut di anggarkan kemana saja.


Tambahnya, memang KKM merupakan salah satu dari tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian namun sebagai kaum intelektual yang terdidik, mempunyai banyak ide yang akan di tawarkan kepada masyarakat desa, saran dan jalan keluar, bukan hanya mampu membuat pamplet lorong, bersihkan musalla, buat taman desa, namun lebih dari pada itu dan disini Mahasiswa KKM harus mempunyai kreativitas serta pengalaman dibidang kepemimpinan.


Dengan adanya Dana desa yang begitu besar, Mahasiswa harus sudah ada suatu Ide yang gunanya dana desa tersebut bukan diperuntukkan untuk pembangunan jalan dan saluran drainase saja, tetapi Mahasiswa harus mampu merubah pola pikir masyarakat agar desa tersebut maju, misalnya Ide baru mengusulkan pembuatan Taman Kanak Kanak, pasar desa, pustaka desa, dan lain sebagainya, ketika sudah ditinjau dari lingkungan dan tidak bertentangan dengan peraturan tentang penggunaan dana desa, tutur Alumni Fisip tersebut.[AF]