Pendidikan

MTQ Ke 34 Tingkat Kecamatan Makmur di Buka, Ini Kata Kadis Syariat Islam

Published

on

MTQ Ke 34 Tingkat Kecamatan Makmur di Buka, Ini Kata Kadis Syariat Islam

BIREUEN - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke 34 Tingkat Kecamatan Makmur secara Resmi di buka oleh Kepala Dinas Syariat Islam,Jufliwan SH,MM pada Selasa malam,26/11/18.

Acara yang berlangsung di halaman kantor pemerintahan Kecamatan Makmur ini di awali dengan pembacaan ayat suci Al-qur'an oleh Tgk Rahmat Hidayat,Juara 1 Pada MTQ Tingkat Kabupaten Bireuen  Tahun 2016 Cabang Qiraah Sab'ah.

Ketua Panitia Tgk Muhammad Abd Menyebutkan,Acara Yang berlangsung selama 4 malam mulai dari Tanggal 26 November hingga 29 November ini di ikuti oleh 63 peserta yang terdiri dari peserta cabang Tilawatil Qu'ran golongan Kanak Kanak,Remaja Dan Dewasa,Syarhil Qur'an 8 Grub Dan Fahmil Quran 7 Grub.

Azmi, S.Ag Selaku Camat Makmur dalam sambutannya menyampaikan acara ini adalah tahapan seleksi untuk menghasilkan putra putri terbaik makmur yang akan berkompetisi di ajang MTQ Tingkat Kabupaten pada Februari mendatang.

"Ini adalah ajang untuk mencari siapa siapa saja yang layak untuk mewakili kecamatan Makmur pada MTQ tingkat Kabupaten, walaupun kita berada di daerah pedalaman,harus bersungguh sungguh untuk bisa menjadi yang terbaik pada even tingkat kabupaten",tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Syariat Islam Jufliwan SH,MM dalam kesempatannya menyebutkan bahwa pelaksanaan MTQ adalah bahagian dari evaluasi pendidikan Dayah untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berpotensi, unggul,agamis,kompeten,cerdas yang belandaskan qur'ani.

Tambahnya, MTQ tingkat kabupaten akan di gelar pada Februari mendatang  yang akan memperlombakan 9 Cabang lomba.

"Insya Allah antara Februari dan Maret 2019 akan kita laksanakan MTQ tingkat Kabupaten yang akan di ikuti 56 peserta dari tiap Kecamatan, cabang cabang yang akan di perlombakan adalah Tilawatil Qur'an,Hafiz Al Qur'an,Tafsir Qur'an,Khatil Qur'an,Qiraah Sab'ah,Syarhil Qur'an,Fahmil Quran,Musabaqah Menulis Ilmu Qur'an (MMIQ) dan satu cabang perlombaan eksebisi,Hadist Arbain Annawawi".

Acara yang dibuka secara resmi pada pukul 22:15 Wib Ini ditutup dengan pembacaan Doa oleh Pimpinan Darussa'ah Tgk.M.Isa Husen.[FH]