Nasional

Mitra Dai Indonesia dan SADA Jakarta Galang Dana Untuk Korban Bencana Sulawesi Tengah

Published

on

Mitra Dai Indonesia dan SADA Jakarta Galang Dana Untuk Korban Bencana Sulawesi Tengah

JAKARTA - Gempa berkekuatan 7.4 SR mengguncang dengan episentrum dekat Kota Donggala Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) petang. Gempa turut dirasakan hingga ke Kota Palu dan Mamuju. Sesaat setelah gempa besar merontokkan bangunan, gelombang tsunami itu datang, menyapu habis Kota Palu hingga ratusan meter. Senin 08/10/18.


Hingga Jumat (28/9) malam, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa secara total ada 58 gempa susulan. Gempa susulan terdiri dari 31 gempa susulan pascagempa dengan magnitudo 7,7 yang terjadi pukul 17.02 WIB, dan 27 gempa susulan setelah gempa pertama yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.


Selain menghancurkan Kota Donggala, guncangan gempa yang besar juga membuat bencana tsunami menimpa Kota Palu. Ketinggian gelombang air di Pantai Palu berkisar antara 1,5 hingga 3 meter dan menerjang bangunan di pesisir pantai hingga masjid dan salah satu pusat perbelanjaan di kota Palu.


Guncangan gempa yang terjadi pun terasa di daerah-daerah sekitar Sulawesi Tengah.


Yayasan Mitra Dai Indonesia berkerjasama dengan SADA Jakarta, Organisasi  pemuda dan Mahasiswa Aceh asal kota Subulussalam Mendalang dana untuk korban gempa dan Tsunami palu, Donggala dan sekitar nya.


Dengan Mengangkat Tema " SADA Jakarta Bersama palu, Melibatkan sekitar 30 pemuda dan Mahasiswa pada Acara dalang dana bantuan untuk para korban bencana di sulawesi tengah yang berlangsung di CFD Bundaran HI Minggu ( 7/10/18)..


Hadir dalam acara dalang dana ini para pengurus Pusat Mitra Dai Indonesia,Ketua Umum Ustd Eko Ika Risma, Juru Bicara Mitra Dai Ustd Akmal Rusli ,dan beberapa Staf Mitra Dai Indonesia.


Ustd Akmal Rusli, sebagai Juru Bicara Mitra Dai Indonesia ke pada awak media mengatakan, ini bentuk kepedulian kami dari lembaga Mitra Dai Indonesia kepada saudara saudara yang menjadi korban gempa dan Tsunami di palu dan sekitar nya.


Misi Kemanusiaan ini adalah progam utama dari lembaga mitra Dai Indonesia.lembaga Mitra Dai Indonesia sudah mengkondisikan beberapa perwakilan nya di lokasi bencana.saat ini di palu masih ada korban bencana yang belum tersentuh bantuan dari pihak penyalur.Mudahan Mudahan beberapa hari ke depan, bantuan sudah bisa di rasakan oleh semua para korban bencana gempa dan Tsunami.tutur Ustd Akmal Rusli.


Penggalangan donasi untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulewesi Tengah ini adalah bentuk kepedulian kami  kepada saudara saudara yang terkena Musibah di palu, Donggala dan sekitar nya. Sudah menjadi kewajiban kita membantu saudara sebangsa dan setanah air. 


Ini adalah penggalangan dana yang kedua kali  yang SADA Jakarta lakukan. Sebelumnya kami juga  sudah  melakukan penggalangan dana untuk warga Subulussalam yang menderita kanker. Semoga donasi yang terkumpul dapat bermanfaat untuk korban gempa dan tsunami di Sulewesi Tengah.pungkas Haikal Ketua SADA Jakarta.[Akmal Tajir Meutuwah]