Kesehatan

Menangis saat iris bawang? Nomor 6 ini Sering Lupa!

Published

on

Menangis saat iris bawang?  Nomor 6 ini Sering Lupa!

Selapost.com – Siapa ni sahabat yang sering berderai air mata saat mengiris bawang merah? Apa sih sebenarnya yang buat kita seperti menangis ? Disaat kegiatan masak-memasak tidak jarang  kita pasti sering sekali mengiris bawang merah. Bahan yang tidak pernah luput dari bumbu dasar resep masakan ini mengandung gas propanethial sulphoxide. Ketika iris atau mengupas kulitnya,  sel-sel pada bawang merah ini akan pecah dan mengeluarkan enzim  sulfoksida yang kemudian memproduksi gas tersebut. 

Dengan hembusan angin, gas akan bereaksi mengenai mata sehingga menyebabkan air mata berderai karena dianggap seperti masuknya benda asing. Semakin lama dan semakin banyak bawang diiris, gas yang dilepaskan semakin meningkat, maka air mata pun turut semakin banyak bercucuran. Hal ini dianggap terjadi karena  reaksi kimia, Irwin Goldman, professor ilmu perkebunan University of Wisconsin-Madison.

Untuk itu, jika sahabat ingin mencegahnya atau mengurangi rasa perih tersebut, banyak tips yang bisa dilakukan dengan sederhana, berikut selapost rangkum dari beberapa sumber. 

1. Hilangkan terlebih dahulu akar bawang

2. Gunakan kacamata

3. Iris dari bagian atas menuju pangkal (akar)

4. Simpan bawang sebelumnya di lemari pendingin selama 10-15 menit

5. Menggunakan pisau tajam

6. Sering-seringlah mengiris bawang agar respon tubuh mudah beradaptasi 


Nomor 6 ini membuat Anda harus sering dan rajin memasak yaa Sahabat. =D 

Disini, ternyata menangis tidak selamanya soal sedih atau begitu bahagia yaa. Selamat mencoba