Daerah

Efek BBM Naik, Harga Naik Rakyat Tercekik

Published

on

Efek BBM Naik, Harga Naik Rakyat Tercekik

SELAPOST.COM, Banda Aceh - Beberapa hari yang lalu rakyat Indonesia terguncang dengan kebijakan menaikkan BBM yang ditetapkan oleh pemerintah yang berlaku efektif sejak Sabtu siang pukul 14.30 (3/9/2022).

Ketua F-PKS DPRK Banda Aceh Tuanku Muhammad, dalam keterangan resminya, kamis (8/9/2022) Ia menegaskan menolak kenaikan harga BBM. 

"Menaikkan harga BBM subsidi hingga lebih 30% sungguh sebuah kebijakan dzalim di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit dan tidak menentu ini", Kata Tuanku

Hal tersebut dikarenakan mulai memberikan dampak yang sangat membebani masyarakat mulai dari BBM yang naik hingga harga barang lainnya yang mulai naik dengan otomatis.

"Kehidupan kita sehari-hari tidak bisa dipisahkan dengan kebutuhan akan BBM. Semua akses perputaran barang pasti berkaitan dengan kendaraan yang bergerak menggunakan bahan bakar. Maka ketika bahan bakar naik sudah pasti semua barang naik", ujar Tuanku

Tuanku menyebutkan bahwa selama covid 19 dulunya banyak pelaku usaha yang bangkrut dan mengalami kerugian, terutama mereka yang bergerak di sektor pariwisata. Sekarang pasca covid 19 reda dan mereka mulai membangun usahanya lagi perlahan-lahan malah dihantam dengan kenaikan BBM yang membuat biaya apapun naik menjadi lebih mahal dan keuangan masyarakat menjadi tercekik. Ini baru dari kacamata sektor pariwisata, belum lagi dari sektor lainnya.  

Sebab itu Tuanku mendesak agar pemerintah pusat bisa mencari solusi lainnya bukan dengan menaikkan BBM. Jika tidak bisa dipastikan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia akan semakin sulit terutama masyarakat kecil.

Kondisi ini diperparah lagi dengan laju kenaikan pendapatan rakyat yang tidak seimbang dengan laju kenaikan pengeluaran. 

Oleh karena itu, sudah semestinya pemerintah pusat mengevaluasi penuh kebijakan menaikkan BBM ini sebelum rakyat semakin tercekik dan menderita. 

Memang mungkin rakyat tidak melawan dan memilih diam, tapi tolong lihatlah nasib mereka lebih dalam.