Lifestyle

Cara Gampang Agar Gaya Hidup Tidak Konsumtif

Published

on

Cara Gampang Agar Gaya Hidup Tidak Konsumtif

Banyak orang membelanjakan uang dengan berleha leha, meskipun dirasanya cukup.
Namun sebagian orang pemasukan uangnya tidak berbanding lurus dengan pengeluarannya.
Maka dibutuhkan manjemen finansial, agar tetap tepenuhi kebutuhan meskipun ditengah krisis seperti pandemi saat ini.

Berikut adalah tips agar anda tidak terlalu over dalam hal penggunaan uang.

1. Naikkan Tabungan

Menabung uang 15 persen hingga 25 persen dari total penghasilan adalah cara terbaik untuk persiapan masa tua atau masa pensiun. Dengan melakukan demikian, dijamin masa tua anda akan tercukupi kebutuhan finansial.

2. Gunakan Kartu Kredit Untuk pembayaran Kartu kredit

Kartu kredit yang cepat habis dan segera lakukan pembayaran saldo sebelum masa tenggat penagihan habis adalah solusi untuk menghindari dari bunga yang tinggi atau denda akibat terlambat pembayaran saldo kartu kredit. Sehingga anda tida perlu repot repot mengluarkan uang yabg banyak untuk urusan kartu kredit.

3. Buat Perencanaan Bulanan

Uang yang di atur sedemikian rupa untuk penggunaan dalam sebulan adalah solusi yang strategik. Sehingga anggaran yang masuk dan keluar seimbang.

3. Hindari Pengeluaran yang tidak penting

Belanja boleh saja sesuka hati namun pertimbangan agar tidak terlalu boros pengeluaran uang maka perlu sikap skala prioritas, yaitu penting, setengah penting, dan tidak penting sama sekali, usahakan membeli barang yang dianggap sebagai kebutuhan primer saja. Atau kebutuhan dasar. Dengan demikian finansial anda tetap tercukupi untuk biaya hidup walaupun ditengah krisis finansial.