Nasional

BEST Pesantren Istana Mulia Nonton Bareng dengan Santri Film G30S PKI

Published

on

BEST Pesantren Istana Mulia Nonton Bareng dengan Santri Film G30S PKI

SERANG -  Badan Eksekutif Santri Terpadu (BEST) menggelar acara Nonton Bersama Film G30S PKI dengan Ratusan Santri Pesantren Istana Mulia dan Masyarakat Sekitar di gedung Mulia 06 pada Minggu (30/09/18) malam.


Ustd Akmal Rusli sebagai Wakil Kepala pesantren Istana Mulia  dan Juga Ketua Dewan Pembina Badan Eksekutif Santri Terpadu ( BEST) Pesantren Istana Mulia,l kepada media menerangkan bahwa acara nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI ini bertujuan mengenang peristiwa pemberontakan PKI pada 1965.


Menurutnya, acara nonton bareng film G30S/PKI ini menjadi agenda tahunan. Satu di antara misi bersama adalah mendidik para santri untuk setia ke pada Negara dan  memberantas paham-paham kiri yang ingin menghancurkan keutuhan NKRI.


"Ini jadi program tahunan yang selalu di selenggarakan di pesantren Istana Mulia. Film ini memiliki nilai-nilai pancasila yang harus kita tanamkan pada generasi muda lewat film bersejarah ini. Selain itu ada pelajaran dan hikmahnya, sehingga peristiwa serupa tidak kembali terulang," ujarnya di sela nobar.


"Generasi penerus juga harus paham bahwa jika komunis kejam dan ideologinya tidak bisa diterima di Indonesia. Dengan nobar  diharapkan bisa menjadi pesan yang mendalam bagi santri supaya selalu setia ke pada negara.karena itu, setiap hari santri pesantren Istana Mulia selalu berikrar dan berjanji yang di tuangkan dalam butir butir Janji santri, yakni yang tertara pada Janji ke 7, Setiap Santri Wajib Membela NKRI.


Walaupun Film itu sudah lawas, tapi  dianggapnya sangat penting untuk diputar lagi agar generasi bangsa Indonesia ke depan tidak terprovokasi dan terpecah-pecah lagi.


Peristiwa ini dikenang setiap tahun karena dianggap sebagai sejarah kelam terkait adanya gerakan yang ingin mengubah ideologi Pancasila.


Sejarah mencatat, Bahwa Peran para Ulama dan santri sangat penting dalam memerdekan dan memenangkan Indonesia di mata penjajah.


Para Ulama dan santri sejak dahulu kala sudah menjadi GARDA terdepan dalam memperjuangkan bangsa indonesia untuk merdeka.Para kiyai dan santri memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini hingga titik darah terakhir.


Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib menjaga dan merawat keutuhan NKRI sebagaimana yang sudah di perjuangkan oleh leluhur kita, tutur Ustd Akmal Rusli.[AF]