Kesehatan

5 Penyebab Rambut Rontok

Published

on

5 Penyebab Rambut Rontok

Selapost.com - Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok, yaitu :

1. Kurang Asupan Gizi
Asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok.

2. Diet Ekstrem
Hati-hati bagi kamu yang sedang menjalani diet, karena diet yang ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kamu mungkin saja kekurangan zat zink dan protein yang dibutuhkan rambut. Maka jangan melakukan diet ekstrem kalau mau rambut kamu tidak rontok.

2. Perubahan Pada Hormon
Perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause dan gangguan tiroid sangat bisa menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

3. Efek Samping Dari Obat-obatan
Obat-obatan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut kamu rontok. Contohnya adalah obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

4. Pengaruh Psikologis
Kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat, misalnya setelah menjalani operasi besar atau sehabis melahirkan akan menyebabkan rambut rontok.

5. Terlalu Sering Menggunakan Topi Bagi Laki-laki. 
Kondisi ini mungkin tidak ditemukan dalam amatan medis. Tapi dari sejumlah kasus yang didapati, rata-rata para pengguna topi (apalagi yang kedap udara) akan menyebabkan kebotakan yang ditandai dengan kerontokan. Kepala yang ditutupi terus-menerus dengan topi akan menyebabkan kepala berkeringat dan panas.  Anehnya kondisi ini tidak berlaku bagi wanita yang menggunakan jilbab. Wanita yang menggunakan jilbab justru membuat rambut semakin lebat jika dirawat saat melepaskan jilbab. [ST]