Pendidikan

Upaya Pelestarian Lingkungan, Mahasiswa KKN 050 UNIMAL Galakkan Green Village di Gampong Blang Cut

Published

on

Upaya Pelestarian Lingkungan, Mahasiswa KKN 050 UNIMAL Galakkan Green Village di Gampong Blang Cut

LHOKSUKOEN  - Kelompok 050 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh melakukan penggalakkan Green Vilage (kampung Hijau) di Gampong Blang Cut, Kec.Blang Mangat, Aceh Utara sejak tanggal 25 Oktober - 26 November 2021.

Program tersebut merupakan salah satu pengembangan program yang sebelumnya sudah dilakukan oleh ibu-ibu Kader Gampong Blang Cut sebagai upaya pelestarian lingkungan sekitar meunasah. 

Program Green Vilage (Kampung Hijau) yang diikuti serangkaian kegiatan lainnya mendapat dukungan dari Geuchik Gampong Blang Cut. 

“Saya sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa-i KKN yang sudah mau merawat dan mengembangkan kembali kebun pangan yang sebelumnya sudah dilakukan oleh ibu-ibu kader desa ini, akan tetapi karena kurangnya perawatan mengakibatkan program ini belum berjalan dengan baik” ujar Nurdin  geuchik Gampong Blang Cut.  

Sebelumnya masyarakat Gampong Blang Cut  khususnya ibu-ibu kader sudah melakukan beberapa kegiatan yang mendukung program Green Village (Kampung Hijau), salah satunya pembentukan kebun pangan di lingkungan meunasah. 

"Kebun pangan merupakan suatu kebun yang ditanami berbagai tanaman, seperti sayur-sayuran, rempah-rempah, bunga-bunga dan lain sebagainya. Akan tetapi program ini kurang berjalan dengan baik akibat kurangnya perawatan,” ujar Maulana ketua kelompok KKN 050, Jum'at (26/11/2021).

Kebun pangan merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan warga dimana warga dapat memanfaatkan hasil dari kebun pangan untuk tambahan kebutuhan warga sekaligus sebagai program penghijauan.

Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh kelompok KKN 050 diantaranya yaitu Saya sendiri Maulana Al Fajri selaku ketua KKN 050 dan para anggota saya Mahendra Febriliansyah, Zulfakhmi, Muhammad Iqbal, Briant Atmajaya, Mira Zalena, Devita Marisna, M. Ridho Azhari Nst, M. Rizky Ananda dan Triwana Samosir yang notabe nya berasal dari jurusan Teknik Informatika, Ekonomi Pembangunan dan Sosiologi.

Mereka mencoba menerapkan  Green Village (Kampung Hijau) diawali dengan melakukan media tanam di kebun pangan, rencananya media tanam tersebut akan ditanami apotik hidup. 

Kelompok KKN 050 menyadari bahwa tanaman tersebut belum di tanam di kebun pangan, padahal memiliki segudang manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama di masa new normal. Terakhir melakukan penanaman tanaman sebagai upaya penghijauan di lingkungan meunasah Gampong Blang Cut. 

“Program-program ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menunjang program kebun pangan yang sudah dilakukan oleh warga Gampong Blang Cut khususnya para ibu-ibu kader di Gampong ini,” ungkap Triwana Samosir, perwakilan kelompok KKN 050 UNIMAL. [007]