Pendidikan

Demi Membiayai Adiknya Sedang Kuliah, Zuliansyah Tekuni Usaha Arang Batok Kelapa

Published

on

Demi Membiayai Adiknya Sedang Kuliah, Zuliansyah Tekuni Usaha Arang Batok Kelapa

Suka Makmue Selapost.com - Menggeluti bisnis arang batok kelapa,Zuliansyah yang merupakan pemuda Gampong Kubang Gajah Kecamatan Kuala Pesisir mampu meraup keuntungan mencapai 9 juta rupiah dalam sebulan. 


Usaha arang tempurung kelapa tersebut,menurut Zuliansyah baru 3 bulan di tekuninya,sehingga dengan keuntungan 9 juta tersebut ia terus mengembangkan usahanya demi menghidupi adiknya yang masih kuliah disalah satu Universitas di Banda Aceh,kata Zuliansyah jum'at 19 maret 2021.


Pria kelahiran 1990 tersebut mengatakan,untuk mendapatkan hasil 6 arang dalam sebulan,ia membeliikan batok kelapa kepada masyarak dengan harga 15 ribu per karung.Dan dalam satu hari,ia berhasil mengumpulkan batok kelapa 10 karung.


Dalam satu bulan,Zuliansyah bersama adiknya Saleh Darmasyah mampu mengumpulkan 200 karung batok kelapa dari pelanggan nya.Dan dengan jumlah tersebut,batok kelapa baru dilakukan pembakaran selama 3 hari dan mengeluarkan hasil arangnya mencapai 6 ton.


Dan setelah menjadi arang,Zuliansyah langsung mengirimkan usahanya kesalah satu toke di Sumatera Utara dengan harga jual Rp.5000 per kilo gram.


Dengan harga jual tersebut,Zuliansyah selain meraup keuntungan yang signifikan,juga bisa membiayai salah satu adik perempuan nya yang sedang kuliah di Banda Aceh.Alhamdullilah,kalau usaha bersungguh sungguh pasti akan mendapat imbalannya,ucap Zuliansyah selaku tulang punggung keluarganya.