Begini Fakta Unik John Logie Baird Sang Penemu TV

10 months ago Teknologi

SKOTLANDIA -Televisi merupakan sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun yang berwarna. Media ini dinikmati hampir mencakup seluruh orang yang ada di berbagai penjuru dunia.

Ragam acara yang disajikan oleh televisi, baik drama, komedi, reality show, berita,talk show, dan banyak acara acara lainnya yang mampu dihadirkan. 

Halnya demikian, banyak yang tidak mengenal sosok unik dibalik penemu televisi itu, yaitu John Logie Baird penemu asal Skotlandia. Dengan sebab penemuannya tersebut, gambar visual mampu ditransmisikan ke layar televisi dan bisa dinikmati oleh khalayak ramai seperti yang dinonton setiap saat.

John Logie Baird lahir di Helensburgh tepi pantai barat Skotlandia pada 14 Agustus 1888, dia adalah anak dari seorang pendeta.

Berikut ialah fakta menarik dan unik dari sosok John Logie Baird:

1. Tidak Lulus Kuliah

Baird pernah kuliah di Universitas Glasgow, namun terganggu akibat Perang Dunia I. Dia tidak diizinkan berkecimpung berperang dikarenakan kurang sehat.

Akhirnya dia bekerja pada sebuah perusahaan listrik Clyde Valley dan mendapat jabatan sebagai insinyur pengawas kala itu. Di perusahaan tersebutlah dia bereksperimen dan menemukan televisi.

2. Penemu sejak kecil

Baird memang beda dengan anak anak lain saat dia masih kecil, dia mampu memberikan solusi dalam mempermudahkan komunikasi dengan teman sebayanya disekitar rumahnya dengan hasil temuan ciptaannya.

Kecerdikannya tetap terjaga hingga biard dewasa, setelah hengkang dari perusahaan listrik tersebut, dia pindah ke selatan Inggris dan membulatkan tekadnya untuk menciptakan  televisi, yang menjadi impian para ilmuwan beberapa dekade tersebut.

3. Dianggap gila

Dengan menggunakan cakram/disk buatan Paul Gottlieb Nipkow, pada tahun 1925, Baird berhasil mentransmisikan gambar pada layar pertama di dunia dengan warna gambar abu - abu.

Semangatnya dalam berbagi ilmu untuk dunia, Baird menyambangi kantor surat kabar Daily Express dan langsung melakukan percakapan dengan editor media tersebut.

Tapi Baird mendapat hinaan pedas dan disangka orang gila, tidak putus asa, baird terus mengembangkan penemuannya sehingga pada tahun 1926 televisi buatannya itu, "televisor" diperkenalkan ke publik.

4. Mendapatkan paten

Pengenalan televisor buatan Biard ke publikpun dicap sebagai demonstrasi televisi pertama di dunia, setelah dianggap sebagai penemu televisi, Bairdpun mulai memperbaiki sistem televisinya.

Kala itu, Baird berhasil menampilkan kepala dua boneka yang dimainkan ventriloquist, yang bergerak meskipun tidak terlihat begitu jelas, namun orang-orang yang melihat penemuan tersebut tetap dibuat terkagum kagum olehnya.

5. Sinyal televisi trans-Atlantik pertama

Hingga pada tahun 1927, Baird kembali mentransmisikan sinyal televisi lebih dari 705 kilometer mil dari saluran telepon antara London dan Glasgow.

Pada tahun yang sama, dia mendirikan Baird Television Development Company Ltd dan disusul dengan transmisi pertama dari London hingga New York.

6. Televisi berwarna

Berkat kejeniusannya, pada 3 Juli 1928, John Logie Baird mampu memperlihatkan transmisi televisi warna pertama di dunia.

Penemuan ini dilanjutkan pada 10 Agustus 1928, saat ia mendemonstrasikan televisi 3D pertama, yang ia sebut “stereovision.”

Televisi itu mampu menampilkan warna yang jernih dengan gambar alami serta ketajaman gambar yang lebih baik lagi.

Pada 1939, ia memperagakan televisi berwarna yang menggunakan tabung sinar katoda. Kemudian, pada 1944 ia memberikan demonstrasi pertama di dunia tentang layar televisi berwarna sepenuhnya.

7. Sistem perekaman video

Baird juga mengembangkan sistem rekaman televisi ke cakram, yang disebut "phonovision". Alat ini memodulasi sinyal output kamera TV-nya ke dalam kisaran jangkauan audio, sehingga dia dapat merekam sinyal tersebut pada cakram.

Hanya sedikit rekaman yang masih ada, rekaman tersebut akhirnya bisa diterjemahkan menjadi gambar pada 1990 menggunakan peralatan modern.

8. Menikahi pianis

Baird menikah dengan Margaret Albu (pianis Afrika Selatan) pada usianya yang ke 43, pasangan tersebut memiliki dua anak yakni Diana dan Malcolm.

Hingga pada Februari 1946, Baird jatug sakit, stroke menyerangnya dan meninggal pada 14 Juni 1946, dia dikebumikan di pemakaman Helensburgh.[007]


Sumber : Kompas

Trending Post

Iklan

Category Archive