Nasional

Antisipasi Kerugian Saat Banjir, Lakukan 5 Langkah ini

Published

on

Antisipasi Kerugian Saat Banjir, Lakukan 5 Langkah ini

Saat musim hujan tiba, kita semua gelisah dan cemas karena takut sewaktu waktu banjir bisa menghampiri rumah kita dan kita gak siap, sehingga menyebabkan kerugian yang besar baik korban jiwa maupun kerugian material.

Nah sahabat selapost.com, berikut adalah 6 hal yang bisa mengantisipasi kerugian besar, saat banjir datang :

1.Lindungi Dokumen Penting
Dokumen berupa ijazah, akte kelahiran, sertifikat dan dokumen penting lainnya harus selalu dilidungi, karena diperlukan saat mengurusi beberapa urusa. Alangkah baiknya dokumen tersebut disatukan dalam satu tempat, lalu di bungkus dengan plastik agar aman saat terkena air.

2.Taruh Barang Elektronik di Tempat Tinggi 
Alat elektronik sangat sensitif dan berisiko rusak saat terken air, maka letakkan di tempat yang agak tinggi arau di lantai 2 dirumah.

3.Sediakan Alat Siaga Banjir
Alat survival atau alat alat darurat seperti, korek, pakaian, senter, pelampung, power bank, dan alat penting lainnya, harus dipersiapan agar saat banjir tiba alat tersebut bisa dipergunakan.

4.Update Informasi
Mengetahui informasi terbaru mengenai cuaca dan curah hujan di wilayah anda, engan memantau sosial media TMC Polda dan BMKG. Supaya persiapan kita lebih maksimal.

5.Mengevakuasi Diri
Kamu harus benar benar tahu dimana posko banjir terdekat atau posko evakuasi banjir lainnya. jika dibutuhkan, buat latihan evakuasi agar menguasai lokasi evakuasi terdekat anda seperti mengetahui dimana kabel kabel listrik berada dan resiko bahaya lainya.

Selamat mencoba!